Jumat, 12 Juli 2013

PENJINAK STRES YANG MURAH MERIAH

Banyak cara meredakan stres. Tapi yang paling murah dan gampang dicari adalah air putih.

Otak kita memerlukan banyak air. Ketika otak tidak mendapatkan cukup air, konsekuensi yang diterima adalah sakit kepala, mudah lelah hingga kejang.

Jadi, semakin banyak otak kehilangan air, maka semakin sedikit energi yang Anda miliki dan semakin lelah yang Anda rasakan.

Lantas, apa hubungannya antara kekurangan air di otak dengan stres? Di dalam tubuh, kita memiliki hormon kortisol, atau yang lebih dikenal sebagai hormon stres.

Ketika Anda mengalami dehidrasi ringan, kadar kortisol sudah dapat meningkat, yang pada akhirnya menyebabkan stres. Begitupun sebaliknya. Ketika Anda stres, tubuh akan mengalami dehidrasi dengan mudah.

"Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan air dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Bila Anda tidak memenuhi kebutuhan cairan tubuh, hal ini akan membuat tubuh merasa stres," jelas Amanda Carlson, direktur nutrisi di Athletes Performance, seperti dikutip dari WebMD (25/3).

Untuk menghindarinya, tentu saja Anda harus mencukupi kebutuhan air dalam tubuh. Jangan lupa untuk meminum minimal 2 liter air setiap hari. Namun, jika aktivitas Anda membuat tubuh lebih banyak berkeringat, minum air putih lebih banyak ya.
(Oleh Innes Sabatini - ghiboo.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar